Rabu, 30 November 2011

Manfaat Pembeian Zinc Pada Penderita Diare


Diare masih merupakan salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian di Negara berkembang. Di dunia diperkirakan 2 juta anak meninggal karena penyakit diare setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri angka penyakit diare terus meningkat, hasil survei morbiditas yang dilakukan oleh Depkes padatahun 2003 menunjukkan angka kesakitan adalah 374/1000 penduduk dan tahun 2006 menjadi 423/1000 penduduk.
Adalah zinc yang merupakan salah satu zat gizi mikro yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Komposisi dan jumlah zinc menurun dalam jumlah besar bila anak terserang diare. Nah, untuk menggantikanzinc yang hilang selama diare. Anak dapat di berikan tablet zinc untuk menjaga agar anak tetap sehat. Zinc biasa disebut dengan Seng adalah mikronutrien esensial, artinya walaupun dibutuhkan tubuh hanya dalam jumlah yang sedikit tetapi zinc sangat berperan penting bagi normalnya fungsi tubuh.
Ikatan dokter Anak Indonesia dan WHO serta UNICEFmerekomendasikanbahwa untuk tatalaksana diare saat ini dengan menggunakan oralit konsentrasi rendah dan pemberian zinc sebagai obat selama 10 – 14 hari.
Mengapa zinc diberikan pada penderita diare ?. Atas dasar penelitian yang menunjukkan bahwa zinc dapat menurunkan lamanya diare ( 20 % ), menurunkan frekuensi defekasi ( 18 % – 59 % ) dan menurunkan kejadiandiare dalam 2- 3 bulan ke depan. Pembeerian zinc di maksudkan untuk menunjang penyatuan mukosa yang berhubungan denga proses fisiologi saluran cerna serta komponen penting dalam struktur dan fungsi membran sel yang berfungsi memperbaiki proses epitelisasi karena padasaat diare terjadi kerusakan mukosa usus yang disebabkan adanya gannguan mukosa usus yang dipengaruhi oleh sistem kekebalan saluran cerna.
Lalu bagaimana dosisnya :
Zinc diberikan selama 10 hari penuh walaupun diare telah berhenti dengan dosis, anak usia kurang dari 6 bulan diberikan 10 mg dan anak usia lebih dari 6 bulan diberikan 20 mg. untuk bayi, tablet zinc dapat dilarutkan dengan air matang, ASI atau Oralit. Untuk anak-anak yang lebih besar, zinc dapat dikunyah atau dilarutkan dalam air matang.
Pemberian zinc tidak boleh bersamaan dengan Fe karena akan terjadi kompetisi dalam sistem penyerapan keduanya. 

0 komentar:

Poskan Komentar